Apa Yang
Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen?
Perilaku permintaan konsumen
terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
pendapatan, selera konsumen, dan harga barang, disaat kondisi yang lain tidak
berubah (ceteris paribus). Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku
Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang
diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan
tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Perilaku konsumen adalah proses
yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi
kebutuhannya. Studi perilaku konsumen muncul seiring dengan berkembangnya
konsep pemasaran, yang merupakan cara pandang pemasar dalam menghadapi konsumen
dan pesaingnya, di mana pemasar berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen secara lebih efektif dari para pesaingnya.
Tujuannya adalah memperoleh
kepuasan pelanggan. Sehingga ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk
mengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan tersebut
sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang
tepat untuk karakteristik konsumen yang menjadi target pasar.
Pemahaman tentang konsumen ini
diperoleh pemasar melalui penelitian-penelitian perilaku konsumen sehingga
dapat dipertanggung-jawabkan kebenaran informasi yang terima dan digunakan
dalam penyusunan strategi pemasaran. Perilaku konsumen terkait dengan strategi
pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteria pembentukan segmen
konsumen, kemudian melakukan pengelompokan dan menyusun profil dari konsumen
tersebut. Kemudian, pemasar memilih salah satu segmen untuk dijadikan pasar sasaran.
Dan setelah itu, pemasar menyusun dan mengimplementasikan strategi bauran
pemasaran yang tepat untuk segmen tersebut.
Pemikiran Yang
Benar Tentang Konsumen
Pemikiran yang benar tentang
konsumen ialah sifat yang benar tentang dari konsumen tersebut. Seperti sebagai
berikut :
a. Konsumen adalah Raja
Dapat dibilang demikian karena
suatu keputusan dalam proses pembelian dari suatu barang atau jasa ada pada
keputusan konsumen tersebut. Jadi dapat diartikan atau dalam makna kiasan
Konsumen adalah Raja.
b. Perilaku Konsumen dapat dibujuk atau dirayu oleh Produsen
Maksud dari kalimat diatas yaitu
Produsen dapat membujuk atau merayu konsumen untuk melakukan transaksi
pembelian barang dari produsen dengan maksud melakukan metode pemasaran kepada
Konsumen untuk membujuk Konsumen membeli barang atau jasa.
c. Motivasi dan Perilaku Konsumen dapat Dipahami Melalui
Penelitian
Melakukan penelitian merupakan
suatu media atau alat untuk memahami dari perilaku konsumen tersebut, sehingga
penelitian ini dipakai sebagai acuan dalam membuat program pemasaran,
perencanaan periklanan, perencanaan promosi sehingga hal-hal yang terjadi pada
masa yang akan datang dapat diprediksi. Hal ini akan berdampak positif untuk
melakukan program selanjutnya kepada konsumen.
Penelitian Konsumen
Sebagai Suatu Bidang Yang Dinamis
Perilaku konsumen dikatakan
dinamis karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap konsumen,
kelompok konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian
menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus
sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan tampat tertentu tapi
gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa
melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya.
SUMBER :
http://suwardisuwardi.blogspot.co.id/2012/10/apa-yang-dimaksud-dengan-perilaku_17.html
https://panjisatria15.wordpress.com/2014/09/29/perilaku-konsumen-pemikiran-yang-benar-tentang-konsumen-dan-mencari-penelitian-konsumen-sebagai-suatu-bidang-yang-dinamis/
http://fitrinuraisyah26.blogspot.co.id/2012/10/prilaku-konsumen.html
http://fitrinuraisyah26.blogspot.co.id/2012/10/prilaku-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar